Penyesalan
Penyesalan selalu datang kemudian. Waktu takkan pernah kembali meskipun kita mencoba sekuat tebaga untuk merubahnya. harapan kita tentunya adalah kita tidak mengulahgi kesalah - kesalah yang telah kita perbuat di masa lalu tersebut.
Apalagi jika kita merasa bisa mendapat yang lebih baik, pada saat sekarang dan mencoba membayangkan bagaimana jadinya kalau pilihan di masa lalu itu tidak kita buat. Padahal belum tentu kita akan mencapai kondisi sekarang, jika bukan pilihan itu yang dipilih.
Kehidupan ini tidak seperti permainan dalam komputer atau Handphone kita. Yang senantiasa bisa kita reset dan mengulanginya lagi dari awal. Setelah direset tentunya kita akan bisa memilih hal - hal yang dianggap menguntungkan dan menghindari hal - hal yang kita anggap merugikan pada permainan itu.
Kehidupan itu tak seperti itu? waktu takkan pernah kembali, meskipun diberbagai film science fiction banyak diceritakan bahwa banyak cara dan media agar kita bisa kembali ke masa lalu dan memperbaiki kesalahan - kesalahan di masa lalu sehingga kita bisa memiliki masa depan yang lebih baik di kemudian hari.
Contoh kasus lainnya yang juga kadang mengganggu kita adalah mengenai pasangan. Kita tentunya paham bahwa jodoh itu di tangan Tuhan, Dan tentunya kita dahulu tak pernah tahu kapan kita menikah dan dengan siapa kita menikah. Tetapi ada yang karena tidak mensyukuri apa - apa yang dia miliki sehingga dia menyesal dengan pasangan yang dia pilih dahulu. Padahal kalau saja dia tidak memilih orang tesrbut menjadi suami atau istrinya belum tentu dia akan bertemu dengan orang kedua tersebut.
Barangkali, Tuhan menghadirkan orang kedua tersebut sebagai ujian kepada kita. agar kita bisa meningkatkan derajat kita di mata Tuhan dan manusia lainnya. Atau sebagai peringatan agar kita harus senantiasa mensyukuri apa - apa yang sudah kita miliki.
Semua tentang mensyukuri dan mentafakuri apa - apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Masa lalu adalah masa yang hendaknya kita renungi dan jangan sampai kita terlena dan terjebak dengan masa lalu tersebut.
Yang patut kita lakukan adalah berusaha sebaiknya untuk hari ini, karena apa yang kita lakukan di hari ini akan berpengauh pada apa yang akan kita raih di masa mendatang. Hal ini akan terus berulang dan berulang,  ingat yang kita miliki hanya hari ini, bukan kemarin atau esok hari. kemarin bisa kita jadikan sebagai bahan introspeksi kita, dan esok bisa kita jadika sebagai sumber harapan  kita.



0 comments:

Post a Comment