Orang Sibuk
Ketika kita mempunyai sebuah proyek besar, entah itu dalam kehidupan sekolah, kuliah, pekerjaan, ataupun bisnis kita. Maka kita pasti akan memecah tugas - tugas yang mendukung proyek tersebut menjadi beberapa bagian. Dan tentunya kita akan mengamanahkan atau mendelagasikan tugas - tugas tersebut kepada orang lain. Dengan harapan tugas - tugas tersebut bisa terselesaikan dengan baik dan lebih cepat.

Tapi kita tentunya tidak ingin tugas tersebut dikerjakan asal - asalan dan hanya sekedar selesai. Kita tentunya ingin proyek itu bisa selesai dengan baik tanpa harus melebihi deadline waktu yang ditentukan. Pemilihan orang - orang yang akan kita beri tugas tentunya sangat berpengaruh pada hasil akhir yang kita capai.
Salah satu kriteria yang bisa kita pertimbangkan adalah mengamanahkan sebagian proyek tersebut atau pendelegasian kepada orang yang sudah terbiasa sibuk. Mengapa demikian? jawabannya adalah karena orang yang terbiasa sibuk cenderung lebih baik dalam manajemen waktu.
Selain waktu, orang yang terbiasa sibuk biasanya lebih efektif dalam mengerjakan suatu tugas, dia tahu kapan harus menggebu - gebu dalam mengerjakan tugas, dan kapan harus istirahat, Orang Sibuk juga biasanya mampu mendelegasikan tugas yang sifatnya lebih kecil kepada orang lain yang sekiranya mampu menerjakannya.
Diatambah lagi, Orang sibuk itu pasti lebih banyak berkenalan dengan orang lain yang ahli dalam bidang tertentu, sehingga dia tahu kemana dia harus pergi untuk mengerjakan tugas tertentu. Sehingga setiap tugas yang diberika kepadanya bisa terselesaikan dengan baik.
Sebaliknya, jika kita mengamanahkan kepada orang yang senantiasa senggang. Jarang mengerjakan sesuatu, dan lebih sering "luntang-lantung" nggak karuan. kita malah melakukan blunder jika mendelegasikan suatu tugas pada dirinya.
Hal ini disebabkan bukan karena waktunya yang banyak, tetapi personal orang tersebut yang memang malas untuk mengerjakan sesuatu, Sehingga seringkali kita mendapati orang tersebut sedang tidak mengerjakan apa - apa. 
Terlihat jelas bahwa orang yang sibuk cenderung lebih rajin dari pada orang yang memiliki waktu senggang lebih banyak. Orang yang jarang sibuk adalah orang yang sering menghindar jika harus mengerjakan sesuatu. karena bukan bisa atau tidak bisa, tetapi permasalahnnya mau atau tidak mau.
Jangan ragu untuk mendelegasikan suatu tugas kepada orang sibuk, karena orang tersebut sudah terbiasa mengerjakan sesuatu, dan orang tersebut senantiasa rajin dan tealaten dalam mengerjakan suatu tugas tertentu. 
Semoga Bermanfaat.
  

0 comments:

Post a Comment