Amanah Terberat
Anda tahu amanah?
amanah memang bermacam-macam. Ada amanah pekerjaan, amanah tugas, amanah jabatan, amanah kedudukan, amanah pangkat, amanah kekuasaan. Dan amanah-amanah lainnya, yang tidak bisa kita sebutkan satu2.
Tentunya kita sadari amanah itu datang Dari Tuhan. Tuhan mengamanahkan sesuatu pasti dengan tujuan tertentu. Mungkin untuk menguji hambaNya. Mungkin agar hambaNya bisa lebih dekat denganNya. Mungkin juga agar hambaNya itu meningkat derajatnya, baik di Mata sesama manusia maupun di hadapan Tuhan.
Kita tentu tahu, Ada amanah yang memang datang Karena kemauan dan usaha kita, dan Ada juga amanah yang datang Karena memang Tuhan menginginkannya. Untuk yang kedua, maka kita harus bisa menerima dan mengembannya dengan sepenuh tenaga, serta sebisa mungkin dilakukan dengan ikhlas.
Tapi tahu kah amanah apa yang terberat? Jawabannya adalah orang yang diberikan amanah waktu. Mengapa demikian? Ketika waktu yang kita miliki itu sangat luang dan lapang, sementara kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik, merugi bahkan celakalah kita. Waktu adalah pedang, waktu adalah uang.
Berbagai cara bisa dilakukan agar bisa mengemban amanah waktu dengan baik. Salah satu Cara agar dia (yang diamanahi waktu) bisa mengemban amanahnya dengan baik adalah dengan menawarkan atau memberikan BANTUAN kepada orang-orang yang diberi amanah lainnya (seperti yang dicontohkan di paragraf pertama diatas).
Karena siapa tahu nanti kitalah yang diberikan amanah tersebut dan sangat membutuhkan bantuan Dari orang Lain. Karena pasti dipergilirkan.
Kita ingat, bahwa waktu adalah sumber daya tak ternilai, waktu lebih berharga Dari pada uang. Uang bisa dicari, tapi waktu tak bisa dibeli. Jangan sia-siakan waktu anda untuk hal yang tidak bermanfaat. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bisa bermanfaat bagi orang Lain.
Lebih parah lagi, jika kita tetap menerima hak kita, tetapi Karena sesuatu hal kita tidak perlu (dulu) mengerjakan kewajiban kita. Atau kita tahu kita telah menerima hak kita, tapi dengan sengaja kita tinggalkan kewajiban kita. Nah! Pada saat itulah waktu yang kita miliki menjadi 'amanah' buat kita.
Segeralah bertindak! Waktu kita terbatas. Hidup tidak semudah itu kawan. 'Hukum' amanah, seperti 'hukum energi' pada ilmu fisika, "energi tidak bisa dimusnahkan, yang bisa adalah berubah bentuk"
Semoga Bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment