Pendidikan untuk PTN
Setelah hasil UN SMA diumumkan, dan mayoritas siswa SMA di Indonesia lulus (hampir mendekati kelulusan 100%). Tetapi siswa SMA kelas 12 ini tidak boleh lengah. Karena pada tahapan ini saatnya untuk memikirkan perguruan tinggi mana yang akan dipilih. Apalagi jika berniat untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri, maka fokus harus tetap terjaga, karena persaingan semakin berat. 

Seleksi untuk perguruan tinggi negeri sekarang sudah hampir 3/4 perjalanannya. Setelah hasil SNMPTN diumumkan pada bulan mei lalu, awal bulan juli akan diumumkan hasil dari SBMPTN. dan tak lama setelah itu, akan diumumkan siapa-siapa saja yang masuk PTN dengan jalur USM. meskipun untuk jalur USM, banyak perguruan tinggi negeri yang tidak melaksanakannya. 

Untuk SNMPTN 2013 yang kuotanya 50% dari banyaknya siswa yang akan diterima di PTN yang lolos kebanyakan adalah siswa yang memang punya nilai rapot dan UN yang bagus, serta siswa yang nilainya biasa – biasa saja tetapi memiliki strategi pemilihan jurusan yang tepat. Banyak siswa yang nilainya baik tapi tidak lulus SNMPTN karena salah dalam strategi pemilihan jurusan. 

Pada tahun ini, ada beberapa universitas yang tidak ingin jadi pilihan kedua. Imbasnya banyak siswa yang nilainya lebih rendah tetapi memprioritaskan jurusan X sebagai pilihan pertama mengalahkan siswa yang nilainya tinggi tetapi memilih jurusan X sebagai pilihan kedua. Itu menjadi fenomena tersendiri pada seleksi PTN tahun ini. 

Banyaknya siswa pintar yang berguguran pada SNMPTN membuat ajang SBMPTN tahun ini sangat ketat sekali. Hal itu tentunya membuat persaingan pada SBMPTN ini semakin seru saja. Salah satu contoh yang konkrit adalah saat salah satu siswa yang saya ajar mendapat ranking ke-1 untuk nilai kelulusan UN di salah satu SMA Negeri di bandung jurusan IPS. tetapi ternyata dia tidak lulus SNMPTN! Selidik punya selidik, ternyata dia memilih jurusan yang semuanya ber-passing-grade tinggi. Karena dia terlalu yakin, akhirnya dia tidak bisa lulus SNMPTN. 

Dengan melihat beberapa pekembangan terakhir, SBMPTN Kali ini menjadi ujian yang sangat berat bagi siswa. Sekarang para siswa tinggal menunggu hasilnya. Semoga Allah memberikan yang terbaik bagi kemajuan para siswa. Amien. Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment